Terbantai di Parepare, Berikut Faktor Penyebab Kekalahan Telak Persib

Big match tersaji pada pekan ke-7 BRI Liga 1 yang mempertemukan PSM vs Persib di Stadion BJ Habibie, Parepare. Namun, sayangnya pelatih Luis Milla gagal melakukan debutnya di laga tersebut karena menderita demam sebelum pertandingan.

Pada pertadigan tersebut Persib dibantai oleh tim tuan rumah dengan skor telak 5-1.

Gol cepat PSM dicetak Yakob Sayuri pada menit kedua dengan melepaskan tembakan fantastis dari luar kotak penalti.

Tak butuh waktu lama PSM kembali mencetak gol pada menit ke-18. Yakob melakukan umpan satu dua dengan Wiljan Pluim. Dia lalu memberi umpan cutback Ramadhan Ananta yang hanya tinggal melakukan tap in ke gawang.

Lakukan berbagai upaya untuk merperkecil kertertinggalan, Persib dapat peluang pertamanya pada menit ke-28. Ricky Kambuaya melakukan cut inside dan melepaskan tembakan namun sayang masih melebar ke atas.

Pada menit ke-31 Maung Bandung berhasil memperkecil kedudukan berkat tendangan sang mantan. Marc Klok melepaskan tembakan spektakuler dari sisi kanan dan masuk ke gawang mantan timnya itu.

PSM kembali mencetak gol di pengujung turun minum babak pertama.Kali ini Pluim memberi umpan chip kepada Ananta dan berhasil melepaskan tembakan ke gawang dari sudut sempit.

PSM berhasil memperlebar jarak pada menit ke-50. Yakob Sayuri lagi-lagi mencetak gol indah. Dia melakukan cut inside dari sisi kiri dan melepaskan tembakan dari jarak yang sama jauhnya dari gol pertamanya dan masuk ke gawang I Made.

Persib benar-benar dibantai. Pada menit ke-65, PSM dapat tendangan bebas dari sisi kiri. Rasyid Bakri memberi umpan lambung yang bisa ditanduk dengan mudah oleh Pluim ke gawang.

Laga PSM vs Persib berakhir dengan sor 5-1. Hasil ini membuat Juku Eja masih tak terkalahkan dan berada di posisi ketiga dengan 16 poin dari 6 laga.

Sedangkan Persib semakin dekat ke zona degradasi. Mereka berada di posisi ke-13 dengan 7 poin dari 7 laga dan kemasukan 18 gol, terburuk di Liga 1 sampai pekan ke-7.

Lantas apa saja yang menjadi kemungkinan faktor dari kekalahan telak Persib Bandung dari PSM Makassar tersebut?

Berikut ini newssinergi.com telah merangkum 4 faktor yang mungkin menjadi penyebab kekalahan Persib Bandung dari PSM Makassar:

Koordinasi Lini Belakang

Faktor pertama tentunya koordinasi pemain bertahan atau lini belakang yang kurang, dapat dilihat dari lima gol PSM Makassar tersebut, semua terjadi karena kurangnya pengawasan terhadap lawan.

Yakob Sayuri berhasil mencetak gol di menit awal melalui tendangan dari luar kotak penalti dengan lemahnya pertahanan.

Kemudian gol kedua pun sama, pemain PSM Makassar dengan mudah membuat skema satu dua dilini belakang, dan Ramadhan Sananta yang mencetak gol dari jarak dekat berhasil lepas dari kawalan.

Gol ketiga pun sama, umpan cungkilan dari Wiljan Pluim dengan mudah didapat oleh Ramadhan Sananta dengan jarak yang cukup jauh dari dua pemain Persib Bandung yang mencoba menendang.

Lini Tengah

Kedua mungkin lini tengah juga bisa dikatakan tidak efektif, sehingga serangan yang dibangun oleh Persib Bandung dapat dengan mudah dibaca oleh PSM Makassar.

Malahan dalam pertandingan tadi malam, tampak bola lebih sering dialirkan dari sisi sayap, dan sering melakukan long pass (unpam panjang) yang kemudian berhasil di potong lawan.

Mungkin itu salah satu taktik dari juru taktik Persib, namun bisa dilihat dari pertandingan semalam itu tidak berhasil.

Striker (Penyerang)

Pada pertandingan PSM Makassar vs Persib Bandung, sebenarnya Marc Klok dan kawan-kawan sering mendapatkan serangan.

Namun terlihat striker belum mampu membangun hubungan dengan baik, Ciro Alves masih kesulitan di jantung pertahanan lawan.

Sedangkan David da Silva tampak sering melakukan skill individu yang akhir menyia-nyiakan peluang, dan tindakan ini pun mendapat komentar dari Bung Binder.

Kemudian Febri Hariyadi, meski sudah tampil cukup baik. Namun beberapa kali percobaan yang dia lakukan selalu melebar dari gawang PSM Makassar.

Ketangguhan PSM Makassar

Harus diakui, jika ketangguhan PSM Makassar pada pertandingan ketujuh tadi malam merupakan salah satu faktor kekalahan Persib Bandung.

Karena meski mereka sudah unggul dua gol pada babak pertama, di putaran 45 menit kedua justru tempo permainan PSM Makassar tidak menurun.

Mereka terus melakukan tekanan demi tekanan, seolah-olah tidak dengan tiga gol. Dan upaya mereka pun mampu menambah keunggulan sebagaimana skor akhir pertandingan.

Demikianlah 4 Faktor yang mungkin menjadi kekalahan dari Persib Bandung saat duel bersama PSM Makassar pada pekan ketujuh Liga 1 Indonesia musim 2022-2023.

Susunan Pemain PSM vs Persib

PSM (3-5-2): 30-Reza Arya; 5-Erwin Gutawa, 4-Yuran Fernandes, 47-Agung Mannan (27-Safrudin Tahar); 37-Asraf Dzaky, 48-Muhammad Arfan (17-Rashyid Bakri), 45-Akbar Tanjung (8-Bryan Cesar), 88-Alief Ananda, 22-Yakob Sayuri; 9-Ramadhan Sananta (7-Victor Dethan), 80-Wiljan Pluim.

Pelatiih: Bernardo Tavares.

Persib (4-3-3): 15-I Made; 4-Bayu Fiqri (12-Henhen Herdiana), 53-Rachmat Irianto, 16-Achmad Jufriyanto, 66-Daisuke Sato; 55-Ricky Kambuaya (8-Abdul Aziz), 10-Marc Klok, 11-Dedi Kusnandar (21-Frets Butuan); 13-Febry Hariyadi (93-Erwin Ramdani), 19-David Da Silva, 77-Ciro Alves (7-Beckham Putra).

Pelatih: Budiman.

Getting Info...

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.