Cara Membuat Strategi Pemasaran yang Efektif untuk Perusahaan B2B Anda

Jika Anda telah berkecimpung dalam bisnis untuk jangka waktu berapa lama pun, Anda tahu bahwa menciptakan strategi pemasaran yang efektif adalah kunci kesuksesan Anda. Sayangnya, banyak pemilik bisnis terlambat menyadari hal ini dan perusahaan mereka bangkrut karena pertumbuhannya mencapai titik terendah. Jika Anda ingin menjadi yang terdepan dalam persaingan dan bertahan dalam jangka panjang, Anda perlu mempertimbangkan 8 poin utama ini tentang mengembangkan strategi yang efektif untuk bisnis Anda.

Mengapa Anda memerlukan strategi pemasaran yang efektif?

Anda mungkin pernah mendengar pepatah "jika Anda membangunnya, mereka akan datang." Itu benar jika Anda membangun rumah baru yang indah atau mobil baru yang mengkilap. Tetapi jika menyangkut bisnis Anda, kecil kemungkinan Anda akan sukses hanya dengan membangun sesuatu dan berharap yang terbaik.

Anda memerlukan strategi pemasaran yang efektif untuk menarik pelanggan baru, menumbuhkan pendapatan, dan meningkatkan keuntungan. Dan di situlah saya berperan. Sebagai ahli strategi pemasaran bersertifikat dengan pengalaman lebih dari 20 tahun membantu bisnis kecil tumbuh, saya tahu apa yang berhasil - dan apa yang tidak.

Strategi pemasaran hanyalah sebuah rencana bagaimana Anda akan menjangkau target pasar Anda dan menjual produk atau layanan Anda dari waktu ke waktu. Strategi ini melibatkan segalanya, mulai dari memilih target audiens dan pesan yang tepat hingga menentukan saluran mana yang paling efektif. Dan ketika dilakukan dengan benar, strategi ini dapat membuat perbedaan antara membangun bisnis yang berkembang dan hanya bertahan.

Siapa yang ingin Anda targetkan?

Mengidentifikasi target audiens Anda adalah langkah pertama dalam menciptakan strategi pemasaran apa pun. Ini akan membantu Anda menentukan siapa yang ingin Anda jangkau, apa yang mereka butuhkan, dan bagaimana cara menjangkau mereka. Semakin spesifik Anda dapat mengetahui profil pelanggan ideal Anda, semakin sukses kampanye Anda.

Siapa yang ingin Anda targetkan?

Pertama, pertimbangkan apakah Anda ingin menargetkan demografis tertentu atau fokus pada industri tertentu. Jika Anda tidak yakin pendekatan mana yang paling cocok untuk bisnis Anda, pertimbangkan faktor-faktor ini:

Demografi: Usia, jenis kelamin, dan etnis semuanya dapat berperan dalam menentukan siapa sebenarnya yang ingin Anda jangkau dengan upaya pemasaran Anda. Jika Anda menargetkan profesional muda atau keluarga dengan anak-anak, maka ini adalah poin penting untuk dipertimbangkan saat mengembangkan strategi Anda.

Industri: Beberapa industri memiliki pendapatan yang lebih besar daripada yang lain, jadi masuk akal untuk menargetkan industri tersebut terlebih dahulu jika mereka mampu membeli produk atau layanan Anda. Misalnya, jika Anda memiliki restoran, maka masuk akal untuk menargetkan orang-orang yang sering makan di luar karena mereka cenderung menghabiskan lebih banyak uang daripada mereka yang lebih sering makan di rumah.

Bagaimana Anda akan menargetkan audiens Anda?

Ada banyak cara untuk mengetahui siapa target audiens Anda. Berikut adalah beberapa saran:

Survei pelanggan Anda dan ajukan pertanyaan tentang diri mereka sendiri, seperti usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, dan pekerjaan mereka. Ini akan membantu Anda mempersempit minat dan preferensi mereka sehingga ketika Anda membuat konten untuk mereka, konten tersebut akan lebih beresonansi dengan mereka daripada konten pelanggan lain.

Tanyakan pada diri Anda sendiri tipe orang seperti apa yang kemungkinan besar akan tertarik dengan apa yang Anda tawarkan? Misalnya, jika ini adalah layanan keuangan yang menargetkan dokter, maka dokter harus menjadi target audiens karena merekalah yang paling membutuhkan layanan perencanaan keuangan (atau setidaknya lebih mendesak daripada profesional lainnya).

Teliti situs web pesaing untuk melihat siapa target audiens mereka (atau lebih baik lagi - tanyakan langsung kepada mereka!).

Apa yang membuat bisnis Anda menonjol dari bisnis lain?

Sebelum Anda dapat mengembangkan strategi pemasaran untuk bisnis Anda, Anda perlu mengetahui apa yang membuatnya unik dibandingkan dengan bisnis lain. Anda perlu tahu mengapa orang harus membeli dari perusahaan Anda daripada perusahaan lain yang menawarkan produk atau layanan serupa. Di sinilah analisis kompetitif berperan: Ini membantu Anda mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan pesaing Anda sehingga Anda dapat memanfaatkan kelemahan mereka sambil menghindari kekuatan mereka.

Berikut ini contohnya:

Sebuah perusahaan yang menjual pulpen mungkin memiliki keunggulan dibandingkan para pesaingnya karena memiliki gudang besar di mana ia menyimpan semua inventarisnya di satu lokasi alih-alih memiliki beberapa gudang yang tersebar di seluruh negeri (yang dapat meningkatkan biaya pengiriman).

Masalah apa yang Anda selesaikan untuk pelanggan Anda?

Langkah pertama untuk menciptakan strategi pemasaran yang efektif adalah memahami masalah pelanggan Anda. Masalah apa yang Anda selesaikan untuk mereka? Berapa banyak uang yang mereka hemat, atau hasilkan, karena produk atau layanan Anda?

Anda perlu mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini sehingga Anda dapat menemukan solusi yang akan beresonansi dengan audiens Anda.

Setelah Anda mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, sekarang saatnya untuk membuat pesan yang akan beresonansi dengan mereka. Ini melibatkan pembuatan proposisi nilai yang mengatasi titik nyeri mereka dan memberikan nilai nyata sebagai imbalannya. Penting juga untuk memastikan bahwa pesan pemasaran Anda tidak terlalu umum atau membosankan; pesan tersebut harus unik dan cukup menarik sehingga orang ingin membacanya dan mempelajari lebih lanjut tentang apa yang Anda tawarkan.

Langkah ketiga adalah menemukan cara bagi orang untuk berinteraksi dengan bisnis Anda. Ini bisa mencakup hal-hal seperti buletin email atau postingan media sosial - apa pun yang membuat orang tertarik dengan bisnis Anda dan mendorong mereka untuk membeli dari Anda. Ketika sampai pada intinya, ini semua tentang mengubah prospek menjadi pelanggan yang membayar dengan memberikan pengalaman hebat selama proses pembelian (dan seterusnya).

Manfaat apa yang mereka dapatkan dengan bekerja sama dengan Anda?

Pastikan Anda mendefinisikan dengan jelas manfaat bekerja sama dengan perusahaan Anda. Sangat mudah untuk berasumsi bahwa semua orang sudah tahu apa yang Anda tawarkan, tetapi jangan lupa bahwa beberapa calon pelanggan mungkin tidak menyadarinya.

Anda juga harus memastikan bahwa perusahaan Anda diposisikan sebagai penyedia solusi dalam industri Anda. Bagaimana perusahaan Anda memecahkan masalah bagi pelanggannya? Masalah apa yang dipecahkan untuk mereka?

Bagaimana Anda akan mengukur efektivitas strategi pemasaran Anda?

Sebelum Anda mulai menyusun rencana pemasaran Anda, luangkan waktu beberapa menit untuk memikirkan apa yang ingin Anda capai dan bagaimana Anda akan mengukur kesuksesan Anda.

Sasaran sangat penting karena memberi Anda arah dan membantu Anda tetap fokus pada apa yang penting. Sasaran adalah sesuatu yang perlu dicapai agar bisnis Anda berkembang dan tumbuh. Jika sasaran tidak tercapai, tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi selanjutnya - itu bisa berarti bahwa perusahaan Anda akan kehabisan uang atau tidak menghasilkan penjualan yang cukup.

Jika Anda ingin sukses dalam pemasaran untuk bisnis kecil, Anda perlu menetapkan sasaran yang akan membantu memajukan perusahaan Anda serta membuat pelanggan tertarik dengan apa yang Anda tawarkan kepada mereka.

Berapa banyak waktu dan uang yang ingin Anda investasikan dalam strategi pemasaran Anda?

Anda perlu memutuskan saluran mana yang paling cocok untuk bisnis Anda, bagaimana Anda akan menggunakannya dan hasil apa yang Anda harapkan dari saluran tersebut. Ini akan membantu Anda membuat rencana strategis yang dapat dieksekusi dari waktu ke waktu.

Kesimpulan: Pemasaran bisa menjadi sulit jika Anda tidak memiliki strategi yang baik. Jika Anda ingin menjadi yang terdepan dalam persaingan dan bertahan dalam jangka panjang, maka 8 poin kunci tentang mengembangkan strategi yang efektif untuk bisnis Anda inilah yang Anda butuhkan.

Getting Info...

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.